always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Set Top Box: Solusi Praktis untuk Menikmati Siaran TV Digital di Rumah

Siaran TV analog yang sudah tayang di Indonesia digantikan dengan siaran TV digital. Saat ini Pemerintah Indonesia sedang mengkampanyekan Analog-Digital Television Program (MODI). Program ini diperkirakan akan berakhir pada November 2022. Jika Anda masih memiliki TV analog, beli Set Top Box sekarang agar Anda dapat terus menonton TV.

Set-top box sudah dijual di toko offline dan online. Kami tunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Kami juga merekomendasikan merek set-top box teratas seperti EVERCOSS, AKARI dan POLYTRON. Simak sampai akhir!

Cara memilih set-top box

Sebelum membeli dekoder, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Kami paparkan spesifikasi dan fitur STB yang mampu menerima siaran digital di Indonesia. Kami berhati-hati untuk tidak memilih yang salah.
  • Periksa spesifikasi sesuai kebutuhan
  • Pastikan produknya mendukung siaran digital di Indonesia
  • Pertimbangkan merek rekomendasi Kominfo


Rekomendasi Set-Top Box Terbaik

Set-Top Box (STB) adalah perangkat yang dapat mengubah sinyal televisi digital menjadi sinyal analog atau digital sehingga dapat diterima oleh televisi yang tidak memiliki fitur TV digital. Penggunaan STB semakin meningkat di Indonesia seiring dengan migrasi televisi analog ke televisi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah. Di bawah ini, kita akan membahas merek-merek STB terbaik yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

1. ADVANCE Set Top Box DVB-T2 STP A01

Kelebihan:
  • Anda dapat memilih dari sebelas pilihan bahasa seperti Indonesia, Rusia, Inggris, Ceko, Jerman, Italia, Polandia, dan Thailand
  • Dilengkapi dengan fungsi time shift, daftar favorit dan pencarian otomatis
Kekurangan:
  • Tidak termasuk dongle Wi-Fi
Bagi yang sudah menikah dan memiliki anak di rumah, kami merekomendasikan ADVANCE STB. Dilengkapi dengan kontrol orang tua. Tujuan dari fitur ini adalah untuk mengontrol dan membatasi akses anak-anak terhadap konten yang tidak pantas. Kontrol orang tua tidak hanya dapat mencegah si kecil menjadi pelaku atau korban kejahatan dunia maya.

2. MATRIX Apple DVB-T2 HD

Kelebihan:
  • Saat ini tersedia 8MB memori
  • CPU dikatakan tahan panas

Kekurangan:
  • Tanpa kabel HDMI

Produk MATRIX ini memiliki kualitas gambar Full HD 1080 pixel dan suara yang jernih. Selain siaran TV digital, YouTube dan YouTube Kids juga membantu Anda dengan dukungan IPTV mereka. Namun layanan IPTV ini membutuhkan jaringan internet, jadi tidak gratis.

STB ini juga bisa berfungsi sebagai media player dengan mendukung dua port USB. Produk ini tidak hanya mendukung MeeCast TV untuk menampilkan konten smartphone di TV.

3. EVINIX Set Top Box H-1

Kelebihan:
  • Dilengkapi dengan fungsi EWS
  • Bodinya terbuat dari casing baja yang kuat dan tahan lama

Kekurangan:
  • Ada reviewer yang bilang remotenya gampang rusak

Receiver ini mampu menerima siaran TV digital melalui antena UHF atau VHF. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan adaptor untuk menyambungkan listrik.

Fitur terpenting dari alat ini adalah casting MeeCast TV. Fungsi ini memungkinkan Anda memutar konten multimedia ponsel cerdas Anda di layar TV. Namun, untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus memiliki aplikasi MeeCast TV terlebih dahulu di ponsel cerdas Anda.

4. GOLDSAT Revo DVB T2

Kelebihan:
  • Cocok untuk menonton film dalam format Full HD 1080 piksel, AVI dan MKV

Kekurangan:
  • Ada review yang pemasangannya cukup sulit karena tidak ada panduannya

Bagi yang ingin menonton acara TV secara online atau di YouTube bisa menggunakan GOLDSAT ini. STB ini memiliki port USB yang dapat Anda gunakan untuk memasang dongle Wi-Fi.

Hanya diperlukan antena TV UHF untuk penggunaannya. Anda juga dapat membuka file musik JPEG, BMP, dan mp3. STB ini juga mendukung hard drive portabel eksternal atau koneksi HDD.

5. POLYTRON Set Top Box Digital DVB T2 – PDV 600T2

Kelebihan:
  • Dilengkapi dengan Early Warning System (EWS) atau Sistem Peringatan Dini Bencana
  • Fitur multibahasa tersedia

Kekurangan:
  • Kabel HDMI tidak termasuk
  • Menurut beberapa review, jumlah saluran TV yang diterima cukup terbatas

Set-top box POLYTRON ini dapat merekam siaran TV digital menggunakan antena standar UHF. Perangkat ini juga sangat fleksibel karena dapat digunakan dengan semua jenis dan merek televisi baik tabung, LCD, LED maupun plasma.

Kualitas gambar yang dihasilkan STB dijamin sama dengan TV kabel berlangganan. Anda dapat menonton program TV yang stabil tanpa semut dan bayangan. Untuk merekam siaran TV, cukup memasang USB stick sebagai media penyimpanan.

Kesimpulan

Kualitas siaran televisi digital dinilai lebih jernih dibandingkan dengan kualitas siaran televisi analog. Untuk itu set-top box harus dipasang sebagai penerima siaran digital pada TV analog. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa area tersebut sudah memiliki sinyal TV digital.

Dengan siaran TV digital, gambar dan suara lebih jernih. Ini, tentu saja, mendukung kenyamanan menonton televisi. Kami harap Anda menemukan STB yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Posting Komentar untuk "Set Top Box: Solusi Praktis untuk Menikmati Siaran TV Digital di Rumah"