always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Cat Akrilik yang Tepat: Tips dan 5 Rekomendasi Merek Terbaik

Berbagai jenis cat biasa digunakan untuk membuat lukisan, antara lain cat air, cat minyak, cat gouache, dan cat akrilik. Salah satu cat tersebut adalah cat akrilik yang sangat menarik.

Cat ini relatif mudah digunakan, bahkan untuk orang yang tidak terbiasa melukis sekalipun. Dapat digunakan tidak hanya di atas kertas atau kanvas, tetapi juga di berbagai permukaan. Mulai dari kain, bahan kulit, panel kayu, kaca, dan dinding.

Apakah Anda ingin mencoba cat akrilik? Sebelum Anda mulai melukis, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang cat ini, seperti jenis dan karakteristiknya. Agar tidak salah membeli cat, berikut tips dan rekomendasi cat akrilik yang bagus. Yuk, simak penjelasannya.



Jenis-Jenis Cat Akrilik

Menurut tingkat kepekatannya, cat akrilik terbagi menjadi dua jenis, yaitu cat heavy duty dan cat cair. Selain itu, ada juga yang disebut guas akrilik. Inilah penjelasannya.

1. Cat akrilik heavy body

Cat akrilik ini berarti kentalseperti mentega dengan konsistensi lembut.

Cat akrilik dapat diaplikasikan dengan beberapa cara. Anda bisa membuatnya lebih tebal atau lebih tipis. Anda juga dapat menggunakan alat seperti Paint Knife untuk membuat tekstur dan tampilan 3D.

2. Cat akrilik fluid

Cat akrilik tipe cair tidak sekental heavy body. Teksturnya lebih seperti krim daripada mentega dan halus saat diaplikasikan. 
Cat akrilik cair dapat diaplikasikan dengan teknik sikat kering atau airbrush dan cocok untuk mengecat kain. Karena mudah mengalir, cat akrilik jenis ini bekerja paling baik jika dituangkan langsung ke permukaan alasnya daripada dengan kuas.
Cat ini bercampur dengan baik dengan cat akrilik lainnya, baik yang berat maupun cair.

3. Cat acryla gouache

Selain dua jenis cat akrilik yang bagus di atas, ada juga cat acryla gouache. Cat ini sebenarnya adalah cat gouache (baca: gwash), yang sifatnya mirip akrilik dibanding cat gouache biasa.

Acryla gouache sama seperti cat gouache yang opaque. Namun karena mengandung resin akrilik, cat akrilik akan tahan air saat kering.

Tips memilih cat akrilik yang bagus

Setelah mengetahui jenis-jenis cat akrilik, saatnya memilih cat akrilik yang bagus. Namun, agar tidak salah pilih, Anda bisa membeli cat akrilik dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.

  • Pilih berdasarkan jenisnya
  • Student grade vs artist grade
  • Cat akrilik dalam tube atau toples

Rekomendasi Cat Akrilik yang Bagus

Di bawah ini adalah 5 produk cat akrilik yang bagus. Beberapa adalah student grade, artist grade, dan tersedia dalam berbagai paket. Berikut ulasannya.

1. Sakura Acrylic Color

Warna akrilik Sakura adalah salah satu cat akrilik terbaik. Cat ini termasuk kelas pelajar, tapi kualitasnya cukup bagus.

Cat akrilik Sakura tersedia dalam tabung 20ml dan 75ml dengan harga sekitar Rp 23-48rb. Warna naik menjadi sekitar 58 warna. Ada juga satu set 12 warna dalam kemasan 20ml dengan kisaran harga Rp 315.000.

2. Liquitex Basic Acrylic

Pelajar bagus dan cat akrilik favorit lainnya adalah Liquitex Basic Acrylic. Pigmentasinya sangat bagus dan warnanya tidak mudah pudar.

Ada banyak pilihan warna, hingga 72 warna. Cat akrilik ini tersedia dalam ukuran 22ml dan 118ml dengan harga sekitar IDR 37-116rb. Ada juga set 22ml dengan 6 warna sekitar Rp 253rb.

Sementara itu, Liquitex juga menawarkan cat akrilik kelas artis dengan pigmen kualitas terbaik. Liquitex Professional Heavy Body Acrylic tersedia hingga 105 warna. Cat ini tersedia dengan harga sekitar Rp 154-240rb dalam tube 59ml dan sekitar Rp 1,4 juta dalam jar 946ml.

3. Winsor and Newton Galeria Acrylic Paint

Seperti Liquitex, Winsor dan Newton memiliki cat akrilik murid yang bagus, yaitu Galeria Acrylic. Winsor and Newton terkenal dengan produk catnya yang berkualitas, mulai dari cat air hingga cat minyak.

Galeria Acrylic tersedia dalam kemasan botol 20ml, 120ml dan hingga 500ml. Harganya sekitar Rp 26-330 ribu.

Winsor and Newton professional artist grade acrylic tersedia dalam tabung 60ml dan 200ml mulai dari IDR 107-455k.

4. Holbein Acryla Gouache

Jika Anda ingin mencoba lukisan guas akrilik, pilihlah cat Holbein. Cat ini mirip dengan guas dan akrilik, yang mudah diaplikasikan. Pigmentasi warna juga sangat bagus dengan berbagai macam warna untuk dipilih. Yang suka melukis di media campuran bisa menggunakan guas akrilik sebagai lapisan dasarnya.

Holbein menawarkan kemasan 20ml yang dapat dibeli secara terpisah dan dalam set berisi 12, 18, dan 36 warna. Cat akrilik ini dijual dengan kisaran harga Rp 655 ribu hingga Rp 1,7 juta.

5. Miya Creative Acrylic Paint

Apakah Anda ingin mengecat dinding kamar tidur atau belajar melukis dinding? Anda bisa mencoba cat akrilik Miya.

Cat akrilik Miya Creative tersedia dalam kemasan kotak 300ml, digunakan untuk mengecat dinding. Warna naik menjadi sekitar 49 warna. Warnanya juga bisa dicampur, jadi kamu bisa berkreasi. Sekotak cat akrilik dijual sekitar Rp 30-50 ribu.

Posting Komentar untuk "Memilih Cat Akrilik yang Tepat: Tips dan 5 Rekomendasi Merek Terbaik"