always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Persia: Jenis, Karakteristik, dan Perawatan yang Perlu Anda Ketahui

Kucing persia merupakan salah satu ras kucing favorit banyak orang. Ini karena kucing ini sangat tenang dan setia kepada pemiliknya. Kucing ini juga bisa menjadi pilihan peliharaan pertamamu.

Sebelum Anda memutuskan untuk membawanya pulang, kenali kucing ini. Pelajari semua tentang kucing Persia di bawah ini.

Asal-usul kucing persia

Kucing persia sudah dikenal manusia sejak tahun 1684 SM. Kucing itu memiliki bulu yang panjang dan lembut serta wajah yang bulat. Nama kucing Persia ini didaftarkan karena ditemukan di wilayah Persia.

Hewan ini juga hidup dengan manusia dan bergaul dengan cukup mudah. Selain itu, suara kucing ini sangat lembut dan tidak mengganggu. Tak heran jika banyak orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan pada masanya.

Barulah pada akhir abad ke-19 jenis kucing ini mulai berkembang di berbagai negara. Penyebaran kucing ini sangat merata. Indonesia juga merupakan salah satu rumah yang cukup besar bagi kucing persia.


Jenis Kucing Persia

Ada empat jenis kucing persia yang biasa dipelihara oleh pecinta kucing. Diantara mereka:

1. Kucing Persia Himalaya       

Kucing Persia Himalaya dicirikan dengan bulu yang sangat tebal dan panjang serta hidung yang tidak terlalu pesek atau datar seperti kucing lain dalam kategori ini. Meski bentuknya mirip dengan Kucing Hutan Norwegia, keduanya berbeda. Kucing persia himalaya juga dikenal sebagai kucing bercorak colorpoint karena memiliki bulu berwarna hitam atau coklat kehitaman pada bagian wajah, ekor, telinga, hidung, dan jari kaki tertentu. Sedangkan bagian tubuh lainnya berwarna putih atau tan. Ciri lain dari kucing Persia Himalaya adalah bobotnya yang bisa mencapai 4-6 kg. Bobot ini dianggap cukup besar untuk ukuran seekor kucing.

Kucing Persia Himalaya dapat hidup hingga 15 tahun dengan perawatan yang cermat. Kucing ini juga tergolong kucing yang manja, penurut dan kalem. Mereka suka tidur, mereka menyukai anak-anak dan mereka suka berada di sekitar orang. Jika Anda menginginkan kucing jenis ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 9.000.000 untuk seekor kucing Himalayan Persia dewasa atau minimal berusia enam bulan.

2. Kucing Persia Flat Nose

Seperti namanya, jenis kucing persia ini memiliki hidung yang pendek dan kecil. Bahkan, hidungnya setinggi mata. Kucing Persia Flat Nose juga memiliki kepala agak persegi, tidak seperti jenis kucing lain yang memiliki wajah bulat. Bentuk kepala ini membuat wajah hidung pesek lebih montok atau cembung. Selain itu, kucing ini memiliki bulu yang panjang, tubuh yang gemuk, dan mata yang kecil. Telinganya meruncing pada jarak yang cukup jauh.

Kucing ini paling populer di Amerika Selatan. Juga, Kucing Persia Flat Nose cenderung aktif dan suka bermain, tidak seperti Persia Himalaya yang lebih santai. Kucing Persia Flat Nose juga suka berlari, melompat, dan bermain dengan benda-benda di sekitarnya. Jauh lebih baik jika Anda memiliki ruang yang luas dan menjauhkan barang-barang di sekitar rumah dari kucing. Anda juga perlu berhati-hati saat mengatur ukuran porsi makan Anda. Alasannya karena kucing ini suka makan alias rakus sehingga rawan obesitas.

Kucing Persia Flat Nose merupakan salah satu kucing dengan banderol harga tinggi. Untuk yang baru berumur tiga bulan, harganya naik menjadi Rp. 5.000.000 sedangkan untuk orang dewasa bisa mencapai Rp. 11.000.000 Setidaknya kucing Persia berhidung pesek tidak semahal kucing Ashera.

3. Kucing Persia Peak Nose

Dibandingkan dengan jenis kucing persia lainnya, Peak nose memiliki hidung yang lebih rata. Tak hanya harganya yang paling fantastis dibanding tipe lain yang mencapai Rp. 12.000.000! Sekilas, Peak nose mirip dengan Flatnose. Satu-satunya perbedaan adalah bentuk hidungnya yang lebih rata, lebih berdaging, dan lebih kecil. Meski memiliki hidung yang lebih rata dari yang lain, hidung Peak juga tidak kalah menggemaskan. Memang bentuk hidungnya yang seperti itu membuat kucing ini unik.

Mengingat harganya, wajar jika kucing ini memiliki nilai yang fantastis. Karena semakin kecil hidung kucing persia maka semakin tinggi pula nilai jualnya. Ujung hidungnya sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu ujung persia biasa dan ujung persia ekstrim. Hidung ekstrem secara alami lebih rata daripada Peaknose normal.

4. Kucing Persia Medium

Jika kucing Persia Himalaya memiliki hidung yang mancung, sedangkan kucing yang berhidung pesek dan berhidung mancung memiliki hidung, maka hidung kucing ini berada di tengah. Maksudku, hidungnya tidak terlalu mancung atau terlalu mancung. Bulunya yang sangat tebal dan panjang dibandingkan dengan kucing lain merupakan salah satu ciri khas rata-rata persia.

Kucing Persia Tengah terbagi menjadi dua jenis yaitu shorthaired yang artinya berambut pendek dan berambut panjang. Dari segi perawatan, rambut medium-long tentu lebih sulit dan membutuhkan perhatian khusus. Sedangkan harga kucing jenis ini bisa mencapai Rp. 2.000.000 di bawah usia enam bulan, sedangkan untuk orang dewasa bisa mencapai Rp. 8.000.000 Dilihat dari segi harga, rata-rata kucing persia jenis ini lebih murah dari yang lain.

Tips Perawatan Umum

Meskipun jenisnya banyak, namun ada beberapa tips umum perawatan kucing persia, yaitu:

  • Sikat bulu kucing setiap hari. Sebaiknya gunakan sisir logam dengan gigi sempit di satu ujung dan gigi lebar di ujung lainnya untuk mengurai rambut panjang dengan benar.
  • Jaga kebersihan hidung kucing. Cara terbaik untuk membantu kucing melawan infeksi pernapasan adalah dengan menjaga kebersihan hidungnya. Ini penting karena hidung pendek kucing Persia mudah tersumbat, membuat sulit bernapas. Gunakan waslap yang hangat dan lembap untuk membersihkan hidung.
  • Bersihkan sisa air mata kucing. Jika Anda melihat ada terlalu banyak cairan mata di wajah kucing Anda, keluarkan kelebihan cairan tersebut dengan tisu atau kain.
  • Vaksinasi secara teratur. Kucing persia rentan terhadap infeksi pernapasan. Itulah mengapa vaksinasi rutin penting.
Jika Anda tertarik memelihara kucing jenis ini, pastikan Anda tahu cara merawatnya dengan benar. Dengan begitu, penampilan dan kesehatan kucing Anda akan lebih terjaga.

Posting Komentar untuk "Kucing Persia: Jenis, Karakteristik, dan Perawatan yang Perlu Anda Ketahui"