always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Anggora: Bagaimana Memeliharanya dengan Baik dan Benar?

Nama kucing anggora mungkin menjadi daftar teratas yang terlintas di benak ketika ditanya kucing seperti apa yang cantik dan anggun. Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah sama sekali, karena Angora memiliki pesona yang menggoda. Selain itu, kepribadiannya aktif dan suka menarik perhatian pemiliknya. 

Anggora umumnya berukuran kecil hingga sedang, dengan berat antara 5 dan 9 pon. Di balik kecantikan kucing terdapat kecerdasan, itulah sebabnya ia selalu menghibur. Mereka sangat memesona dengan bulu berlapis tunggal dan bertekstur halus. Bulunya juga mudah untuk tetap rapi jika Anda menyisirnya secara teratur setiap minggu, meskipun terkadang mudah rontok.

Terhadap sikap aktifnya, ia membutuhkan sedikit kesabaran dan ingin melayani kucing ini. Namun, karena sifatnya yang ramah, mereka mudah bergaul dengan anak-anak, bahkan hewan peliharaan lain seperti anjing. Sangat menggemaskan melihat seberapa baik hewan peliharaan dan keluarga Anda bergaul dengan Angora. Apakah Anda berpikir untuk membiakkan Anggora? Baca pengungkapan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Kucing Anggora

Mengapa Anggora begitu elegan? Ini karena asal alaminya dari Turki pada awal abad ke-15. Julukan Anggora diberikan kepada kucing putih dengan mata biru atau hijau dan bulu panjang.

Kucing ini bisa beradaptasi di mana saja, tetapi paling baik berkembang di lingkungan yang penuh kasih dan perhatian. Dibandingkan dengan kucing lain, mereka tidak suka ditinggal sendirian. Belum lagi mereka sangat energik lho. Jika mereka bosan, mereka mungkin membuang barang-barang.



Meskipun penampilannya halus, kucing ini sangat suka bermain dan penyayang terhadap pemiliknya dan dapat berteman dengan anak-anak atau hewan peliharaan lainnya. Saat mereka berteman dengan hewan lain, mereka bisa menunjukkan siapa bosnya.

Sebelum membawa pulang Anggora Anda, penting untuk melakukan riset dan memastikan itu jenis yang tepat untuk keluarga Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda membeli dari peternak, pastikan mereka memiliki program yang bereputasi baik dan etis untuk menghindari kucing yang terlihat tidak sehat.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Angora sangat dikagumi karena bulunya yang panjang dan halus yang tampak berkilau saat bergerak. Di balik bulunya yang mempesona, tubuhnya juga kuat, panjang, dan berotot. Kakinya panjang, bagian belakang lebih panjang dari bagian depan, cakarnya kecil, bulat dan mungil, seringkali dengan jumbai rambut di antara jari kaki.

Berikut ciri-ciri kucing anggora yang harus kamu ketahui:

  1. Bentuk Kepala Segitiga
  2. Mata Seperti Almond
  3. Tubuh Panjang dan Langsing
  4. Hidung Mancung
  5. Bulu Panjang


Cara Memelihara dan Merawat Kucing Anggora

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa tip yang dijamin membuat Angora Anda semakin jatuh cinta dan tetap bersama Anda.

  • Sisir Bulunya

Sikat bulunya setiap hari atau setiap beberapa hari agar tetap terlihat bagus. Gunakan sikat kawat bergigi panjang untuk bulu kucing yang lebih panjang. Anda dapat menemukan kuas ini di toko hewan peliharaan.

  • Potong Kukunya

Potong kuku kucing Anda setiap beberapa minggu atau sebulan sekali. Anda memiliki pilihan untuk memotong kuku Anda sendiri atau membawanya ke dokter hewan untuk dipotong.

  • Bersihkan Telinganya

Bersihkan telinga kucing Anda setiap beberapa minggu sekali. Ini untuk menghilangkan semua kotoran dan endapan. Terkadang kucing membersihkan telinganya sendiri, tetapi tidak semua. Itu sebabnya Anda harus memeriksa telinga kucing Anda untuk melihat apakah perlu dibersihkan. Telinga yang bersih akan berwarna merah muda dan tidak berbau. Lebih gelap dari telinga kotor dengan kotoran yang terlihat.

  • Sikat Gigi Kucing

Merawat kucing sangat mirip dengan merawat manusia. Ternyata kucing pun bisa terkena penyakit periodontal jika giginya tidak dirawat. Pastikan untuk menyikat dengan pasta gigi kucing dan sikat gigi berbulu lembut. Jangan pernah menggunakan pasta gigi manusia pada kucing karena fluoride beracun.

  • Beri Pakan Berkualitas

Anda harus memastikan mereka tidak obesitas. Cara memberi makan makanan berbahan dasar daging kucing Anda. Sebelum membeli makanan kucing, periksa terlebih dahulu daftar kandungan pada labelnya. Daging harus dalam dua atau tiga bahan pertama. Jangan memberi makan makanan kucing Anda kurang dari 40% protein.

  • Sering Ajak Berinteraksi

Angora tidak berkembang dengan baik jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian. Oleh karena itu, sering-seringlah berinteraksi dengan hewan peliharaan kesayanganmu, ya!

  • Bawa Ke Dokter Hewan

Untuk menjaga kesehatan kucing Anda, bawalah dia ke dokter hewan secara teratur. Anda harus melakukan ini setidaknya setahun sekali.

Kesimpulan

Jika Anda tertarik untuk memelihara kucing Anggora, pastikan untuk mempertimbangkan perawatan dan tanggung jawab yang dibutuhkan. Kucing Anggora adalah hewan peliharaan yang membutuhkan waktu, perhatian, dan kasih sayang yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kecantikan bulu mereka. Dengan perawatan yang tepat, kucing Anggora akan menjadi teman yang setia dan menyenangkan untuk seluruh keluarga.

Untuk harga kucing anggora sendiri berkisar antara Rp. 300 - 2,5 juta.

Posting Komentar untuk "Kucing Anggora: Bagaimana Memeliharanya dengan Baik dan Benar?"