always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Moisturizer untuk Kulit Berminyak: Pilihan Produk Terbaik dan Tips Memilih yang Tepat

 Banyak orang merasa bahwa mereka tidak cukup melembabkan kulit mereka karena mereka takut itu hanya akan memperburuk kondisi kulit mereka. Namun pelembab atau pelembap kulit gerund tetap sama dengan salah satu pembersih kulit bersisik.

Sebum, atau minyak alami kulit, benar-benar menjaga kesehatan kulit. Bahkan, ada juga masalah kulit kering yang mengalami dehidrasi. Namun, produksi minyak berlebih pada kulit berdenyut rentan terhadap masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Untuk itu diperlukan moisturizer untuk kulit berjerawat agar produksi minyak wajah dan wajah dapat terkontrol sementara kulit tetap terhidrasi.

Baca terus untuk mengetahui rekomendasi pelembab gülüt terbaik untuk kulit Anda.



Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Untuk mengontrol dan menghidrasi kulit secara optimal, Anda perlu mencari pelembap yang cocok untuk kulit berminyak. Lalu bagaimana cara menemukan pelembab yang tepat?

1. Pilih tekstur yang ringan

Kulit berminyak cenderung lebih lengket. Untuk mengurangi rasa ini, pilihlah pelembap jenis gel atau losion ringan. Hindari pelembab yang memiliki konsistensi seperti krim kental.

2. Cari produk dengan label non-comedogenic

Pelembap untuk kulit berminyak sebaiknya menggunakan bahan yang tidak menimbulkan komedo.

Kulit berminyak pada dasarnya lebih rentan terhadap komedo karena sebum menyumbat pori-pori.

Untuk melakukannya, pastikan Anda menemukan tanda nonkomedogenik atau penyumbat pori pada kemasan produk.

3. Pilih produk berbahan dasar air

Hindari pelembab yang mengandung minyak, parafin atau pelembap, karena membuat kulit lebih berminyak. Padahal, zat ini bisa menyebabkan komedo.

Pelembab untuk kulit berminyak dengan bahan dasar air merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan hidrasi.

4. Cari komposisi yang mengandung turunan silicone

Menurut penelitian Indian Journal of Dermatology, pelembab yang direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah yang mengandung bahan asal silikon. Bahan yang mengandung silikon biasanya berbahan dasar air.

Contohnya adalah dimethicone, turunan dari silikon. Dimethicone membuat kulit kusam (tidak mengkilap karena minyak).

Juga, zat ini termasuk dalam kategori non-comedogenic. Artinya dimethicone tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan komedo.

Baca juga label produk dan pilih bahan pelembab untuk kulit berminyak, seperti gliserin, asam hialuronat, lidah buaya, dan squalane.

5. Pilih kandungan bebas minyak

Tips memilih pelembap untuk kulit berminyak juga harus mempertimbangkan produk oil atau oil-free. Dengan cara ini kulit tidak akan menjadi lebih berminyak.

Selain itu, pelembap bebas minyak ini mencegah sebum berlebih dan penyumbatan pori-pori, terutama di zona T wajah (dahi, hidung, dan dagu).

Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak 

Berikut rekomendasi moisturizer terbaik untuk kulit berminyak yang bisa Anda coba:

1. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Neutrogena Hydro Boost Water Gel adalah pelembab berbahan dasar air yang diperkaya dengan asam hialuronat. Asam hialuronat dapat menjaga hidrasi kulit hingga 72 jam.

Selain efek melembabkan produk pelembab untuk kulit berminyak, membuat kulit kencang, kenyal dan lembut.

Berkat dimethicone yang dikandungnya, Anda tidak perlu khawatir dengan pelembab Neutrogena untuk kulit berminyak ini membuat wajah Anda berkilau.

Sayangnya, produk ini mengandung parfum, jadi tidak cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

Neutrogena Hydro Boost Water Gel dibandrol dengan harga antara Rp 215.000.

2. Azarine Easy White Light Moist Day Cream

Meski namanya creamy, tekstur pelembab ini ringan dan watery, sehingga cocok untuk kulit berminyak yang butuh hidrasi tanpa takut lengket atau pengap.

Azarine Easy White Light Moist Day Cream juga mengandung niacinamide yang dapat mengontrol sifat berminyak pada kulit dan merevitalisasinya.

Pelembab topikal ini cocok untuk penggunaan siang hari pada kulit berminyak karena mengandung SPF 25 untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Namun, kadarnya tidak cukup tinggi untuk melindungi kulit sepenuhnya. Oleh karena itu, sebaiknya tetap gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Azarine Easy White Light Moist Day Cream mulai dari Rp 22.000.

3. ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin

ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin merupakan pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat yang cocok digunakan pada siang hari karena mengandung pelindung kulit SPF 30.

Pelembab untuk kulit berminyak ini juga berbahan dasar air, sehingga ringan dan nyaman dipakai tanpa terasa panas.

Menariknya, ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin mengandung sulfur yang cocok untuk mengatasi jerawat dan komedo akibat minyak berlebih.

Kandungan sulfur pada produk dapat "membuka" pori-pori dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Dapatkan perlindungan harian ElsheSkin untuk kulit berminyak mulai dari Rp 93.000.

4. Wardah Lightening Day Gel

Sesuai dengan namanya, moisturizer Wardah untuk kulit berminyak ini memiliki konsistensi gel yang watery (tipis), sehingga mudah diaplikasikan pada kulit dan cepat menyerap.

Setelah menggunakan produk ini, kulit Anda juga akan terasa lebih segar.

Wardah Lightening Day Gel mengandung niacinamide yang dapat mengontrol produksi sebum dengan mencerahkan kulit, dan dimethicone yang mengurangi kilap wajah.

Wardah Lightening Day Gel juga cocok digunakan pada siang hari karena mengandung SPF 30 PA+++.

Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Soalnya, produk ini mengandung parfum yang bisa membuat iritasi.

Wardah Lightening Day Gel cukup terjangkau mulai dari Rp 44.000.

5. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cream

Moisturizer untuk kulit kering dan berminyak ini mengandung gliserin dan dua jenis asam hialuronat yang melembabkan kulit wajah secara optimal.

Kedua zat ini dapat mencegah kulit menjadi berminyak dengan menarik air dari lingkungan dan membawanya ke permukaan kulit.

Selain itu, Moisturizer ini juga mengandung dimethicone yang membuat kulit tampak matte. Kandungan squalene pada produk ini juga cocok untuk mengurangi kemerahan akibat peradangan kulit. 

Meskipun squalane adalah minyak, teksturnya ringan dan tidak komedogenik.

Moisturizer untuk kulit berminyak ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 63.000.

6. COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

Seperti namanya, COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream mengandung lidah buaya untuk menenangkan dan menghidrasi kulit yang teriritasi.

Pelembab untuk kulit berminyak ini hadir dalam bentuk gel bening sehingga mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket di kulit.

Dilabeli oil-free, COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream diklaim dapat mengurangi munculnya minyak di wajah.

Produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 180.000.

Posting Komentar untuk "5 Moisturizer untuk Kulit Berminyak: Pilihan Produk Terbaik dan Tips Memilih yang Tepat"